BLOG
COOL SHARING SUPPLEMENT Juni #1 – ROH KUDUS : ALLAH DALAMKU!

ON 14 June 2016, BY GBI Jl. Gatot Subroto - POSTED IN: Artikel

“Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu… tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” Yohanes 14:16-17, 26

Roh Kudus adalah anugerah yang luar biasa bagi Gereja-NYA. Salah satu Pribadi dari ALLAH TRITUNGGAL yang keluar dari BAPA (Kis 15:26), diutus oleh BAPA dan KRISTUS (Kis 14:26, Kis 15:26) agar umat-NYA tidak ditinggalkan-NYA sebagai yatim piatu. Roh Kudus menyertai kita selama-lamanya dan diam di dalam kita. Haleluya!

Sangat disayangkan apabila gereja menutup diri terhadap ROH KUDUS hanya karena terlalu kaku dan terpaku dengan doktrin, apalagi karena tradisi yang diwariskan turun temurun oleh bapak-bapa gereja terdahulu yang menutup diri terhadap pergerakan ALLAH bagi gereja-NYA.

Pandangan yang picik terhadap baptisan ROH KUDUS dan BAHASA ROH sebagai proteksi terhadap jemaat agar tidak ‘disesatkan’ oleh aliran tertentu sehingga akhirnya menghalangi jemaat untuk mengalami secara pribadi pengalaman rohani yang dahsyat bersama ROH KUDUS yang membawa jemaat menuju kedewasaan rohani dan iman.

Apa yang dikerjakan oleh ROH KUDUS dalam kehidupan orang percaya ?

1. Menjadi Penolong yang Menyertai Kita Selama-lamanya.
Kata “penolong” disana berasal dari bahasa asli “parakletos”, dimana salah satu tugas utamanya adalah memberikan kekuatan Ilahi yang dibutuhkan untuk menghadapi pencobaan dan penderitaan /penganiayaan yang dialami karena kita berpegang / mempertahankan iman pada KRISTUS.
TUHAN YESUS pernah menyampaikan soal aniaya, salah satunya dalam Matius 5:10-12 : “Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu.”
Dalam situasi dan keadaan yang seperti ini ROH KUDUS memberikan kekuatan ilahi yang dibutuhkan agar kita sanggup menanggungnya.

2. Memberikan Penghiburan.
Penghibur yang dimaksud bukanlah entertainer yang memberikan kita entertainment seperti siaran televisi, bioskop atau panggung hiburan yang memberikan penghiburan sesaat disaat kita merasakan kejenuhan atau kesedihan. Kata PENGHIBUR disana berasal dari kata bahasa yunani yang diterjemahkan sebagai Comforter. Artinya yang senantiasa membuat kita merasakan suasana yang aman dan nyaman dalam lindungan dan naungan kuasanya. Itulah yang memampukan kita mengalami seperti lagu pujian yang mengatakan : “disaat badai bergelora, ku akan terbang bersama-MU……ku tenang sbab KAU ALLAH-ku…”

3. Mengajar dan Mengingatkan Kita akan Pengajaran Kristus.
Anda pernah mengalami kesulitan dalam membaca Alkitab? Membaca tapi kurang dapat memahami maksud Alkitab tersebut? Mintalah bimbingan Roh Kudus dalam doa sebelum Anda membaca Alkitab. Dan lihatlah bagaimana TUHAN berbicara kepada kita melalui Firman-NYA (rhema). Sebab TUHAN YESUS berkata : “ROH KUDUS, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. ROH KUDUS akan menuntun kita kepada pengetahuan dan pengenalan yang lebih dalam akan kebenaran Firman TUHAN.
(Buka hati, dan ijinkan hidup kita senantiasa dipenuhi dengan ROH KUDUS. Jika ada hal-hal yang masih mengganjal seperti kepahitan, keragu-raguan, dan lain-lain konsultasikan dengan gembala COOL Anda, agar didoakan, mendapatkan jalan keluar dan mengalami pengalaman rohani yang luar biasa bersama ROH KUDUS).