BLOG
COOL SHARING SUPPLEMENT April #1 – Dibebaskan Seutuhnya untuk Beribadah kepada Tuhan

ON 1 April 2016, BY GBI Jl. Gatot Subroto - POSTED IN: Artikel

Minggu #1 April 2016

Salah satu pesan TUHAN yang kuat adalah bahwa peristiwa keluarnya bangsa Israel dari tanah Mesir merupakan pembebasan seutuhnya bagi bangsa Israel. Dimana umat pilihan TUHAN dibawa keluar dari perbudakan dan penindasan, berjumpa dengan TUHAN di padang gurun dan masuk ke negeri yg berlimpah susu dan madunya. Apa tujuan TUHAN memberikan pembebasan seutuhnya bagi bangsa Israel? Tentunya bukan sekedar menjadikan orang Israel diberkati, bukan sekedar menjadikan orang Israel sebagai orang merdeka dan juga bukan sekedar memenuhi janji kepada Abraham, Ishak dan Yakub!

Paling tidak ada 7 kali disebutkan dalam Alkitab : Keluaran 7:16, 8:1,8:20,9:1, 9:13, 10:3 dan 10:7. Dikatakan disana “Biarkanlah Umat-Ku Pergi..supaya mereka beribadah kepada-Ku..” Inilah alasan utama pembebasan seutuhnya bagi bangsa Israel pada waktu itu, yaitu : UNTUK BERIBADAH KEPADA TUHAN. Mengapa demikian?

Israel adalah bangsa yang TUHAN pilih untuk menjadi bangsa yg dikhususkan, bangsa yang menyembah kepada satu-satunya ALLAH yang benar. Dengan maksud agar melalui mereka, bangsa-bangsa lain turut menyembah kepada ALLAH! Namun kenyataannya perbudakan membuat bangsa penyembah ini justru tidak menyembah kepada Tuhan.

Bagaimana dengan kita sebagai orang percaya? Coba renungkan sejenak kehidupan kita :

a.Kita diciptakan sebagai makhluk penyembah, menyembah TUHAN adalah salah satu tujuan utama hidup kita. Tuhan memberikan kehendak bebas kepada manusia agar penyembahan dari manusia kepada Allah adalah penyembahan yang tulus, bukan karena paksaan atau karena disetting seperti robot. Sebagai makhluk penyembah, sudahkah kita menjadikan penyembahan kepada Tuhan sebagai gaya hidup?

b.Apakah kita memiliki cukup banyak waktu atau waktu khusus untuk menyembah Tuhan? Atau selama ini kita ditekan dengan jadwal pekerjaan atau bisnis yang padat sehingga kita kehabisan energi dan tidak ada waktu dan energi yg tersisa untuk menyembah/beribadah kepadanya?
Kalau jawaban kita tidak/belum… Kita perlu mengalami pembebasan yang seutuhnya!

Pentingnya Ibadah bagi bangsa Israel dan bagi kita orang percaya :

1. Mengingat Perbuatan TUHAN yang dahsyat dalam hidup kita.
“Pada hari itu harus kauberitahukan kepada anakmu laki-laki: Ibadah ini adalah karena mengingat apa yang dibuat TUHAN kepadaku pada waktu aku keluar dari Mesir.” (Keluaran 13:8)
Didalam Ibadah kita berdoa, memuji dan menyembah TUHAN sambil mengucapsyukur serta mengingat perbuatan TUHAN yang dahsyat dalam hidup kita, pertolongan serta kasih setia-Nya yang tidak pernah terlambat dalam hidup kita. Haleluya!

2. Penjagaan dan pemeliharaan TUHAN.
“Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu. Tidak akan ada di negerimu perempuan yang keguguran atau mandul. Aku akan menggenapkan tahun umurmu.” Keluaran 23:25-26
Orang yang beribadah kepada TUHAN pasti mengalami penjagaan dan pemeliharaan TUHAN dalam segala aspek kehidupan kita.

3. Agar kita senantiasa dlm keadaan baik sesuai dengan kehendak TUHAN.
“Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh TUHAN, Allahmu, selain dari takut akan TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, berpegang pada perintah dan ketetapan TUHAN yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu.” (Ulangan 10:12-13)
Jika kita menginginkan rumah tangga, keluarga, bisnis, pekerjaan, pelayanan, kesehatan dan lain-lain tetap dalam keadaan baik. Beribadahlah kepada TUHAN!

YOUTH SHARING SUPPLEMENT April #2 – Forgive and Forget

ON 10 April 2016, BY GBI Jl. Gatot Subroto
POSTED IN: Artikel