SERMONS
Bangun dan Bangkitlah

ON 12 MARCH 2017, BY PDT. AGUSTINUS PUSPAWIGUNA

Baca Efesus 5:14-18

Kalau kita tidur atau mati secara rohani, kita tidak akan merasakan mujizat penuaian. Dalam hidup kita pasti akan ada musim yang baru, ada fokus dan rencana yang baru. Perubahan ini seringkali membuat kita takut untuk melangkapi, tapi justru ada janji Tuhan yang baru di dalam kehidupan kita.

Banyak contoh mengenai musim yang baru. Penyesuaian diri butuh waktu dan energi yang cukup banyak, hal ini membuat kita lelah dan ingin tertidur. Tidak hanya terjadi secara fisik tapi juga dapat terjadi dalam kehidupan rohani kita, kalau kita tidak berhasil keluar sungguh-sungguh dan menang dari situasi pergantian menuju musim yang baru ini.

Musim yang baru bisa jadi kematian bila kita tidak punya hubungan yang baik dengan Tuhan. Seringkali kita begitu nyaman dengan comfort zone yang kita miliki. Ini saatnya untuk bangkit, jangan mengasihani diri atau diam di tempat.

Yang bisa bertindak dan menang terhadap musim yang baru, akan Tuhan berikan kemuliaanNya. Di sisi yang sama kemuliaan itu memerlukan perjuangan. Kita harus menang, bertindak dan berjuang untuk dapat diberikan kemuliaan itu.

Bagaimana caranya untuk menang di dalam musim yang baru?

Efesus 5:15 (TB) Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,

1. Cek dengan teliti bagaimana kita hidup. Apakah kita masih seperti orang bebal? Orang bebal adalah orang yang melalui tindakan mereka seolah2 menganggap Allah itu tidak ada.Contohnya saja:
Amsal 16:8 (TB) Lebih baik penghasilan sedikit disertai kebenaran, dari pada penghasilan banyak tanpa keadilan.
Jangan kompromi sama firman Tuhan.

Efesus 5:16 (TB) dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

2. Jangan tinggal dalam masalah dan kesibukan kita. Jangan tidur, kalau kita tidur kita akan kehilangan kesempatan yang Tuhan berikan.

Orang yg berhikmat akan menciptakan kesempatan.

Untuk bisa menuai berkat, mujizat, dan jiwa kita harus minta hikmat dari Tuhan.

3. Amsal 22:15 (TB) Kebodohan melekat pada hati orang muda, tetapi tongkat didikan akan mengusir itu dari padanya.

Kita perlu belajar dan dididik untuk dapat mengerti kehendak Tuhan.

4. Anggur bicara tentang sesuatu yang manis yang dunia sediakan. Tuhan berkata jangan kejar itu, jangan biarkan dirimu mabuk olehnya. Hidup yang terus menerus harus dipenuhi oleh roh kudus. Kita tidak akan bisa menghadapi musim yang baru apabila tidak ada roh kudus dlm hidup kita.

Ulangan 30:19-20 (TB) Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu,
dengan mengasihi TUHAN, Allahmu, mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya, sebab hal itu berarti hidupmu dan lanjut umurmu untuk tinggal di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni kepada Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepada mereka.”

SELECT SERMON

God is Good, All The Time

6 September 2015 | Ps. Julita Manik
SELECT SERMON

Anugerah yang Menyelamatkan

27 March 2016 | Pdp. Joshua Sudarsono
SELECT SERMON

Kebebasan Dalam Kristus

26 April 2015 | Pdp. Andi Auric