SERMONS
Hidup dalam Kebenaran

ON 1 OCTOBER 2017, BY FEBA AFFAN

Mengenal kebenaran dan hidup dalam kebenaran adalah tindakan iman yang akan membawa kita pada keberhasilan yang nyata

Hidup dalam kebenaran Firman Tuhan adalah kunci kesuksesan dalam hidup kita. Tuhan Yesus teramat mampu untuk memberikan anak-anak-Nya hikmat dan pengertian yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan. Raja Daud yang mulanya hanya seorang gembala atas dua tiga ekor kambing domba, dibawa naik oleh Tuhan menjadi raja besar Israel karena hidupnya yang sungguh-sungguh melekat dengan kebenaran. Yusuf yang bukan siapa-siapa dan dibenci oleh saudara-saudaranya sendiri, diangkat Tuhan menjadi orang kedua di Mesir karena Yusuf secara radikal mau menjaga kekudusan dan hidup benar seturut Firman Tuhan. Mata Tuhan tertuju pada anak-anak-Nya yang mau hidup dalam kebenaran, dan kebenaran tersebut akan membawa kita semakin naik dan naik di dalam Tuhan.

Bagi anak muda, hidup di dalam kebenaran dan menjaga kekudusan mungkin bukanlah hal yang mudah. Namun sesungguhnya, hidup dalam kebenaran adalah rahasia mencapai keberhasilan yang Tuhan kehendaki. Tuhan rindu melihat usaha anak-anak-Nya untuk hidup dalam kebenaran, menjaga kekudusan, berhenti memendam kebencian dan melepaskan kasih pengampunan. Melakukan apa yang Tuhan senangi berarti hidup dalam kebenaran-Nya dan memahami arti hidup di dalam kebenaran.

Arti hidup dalam kebenaran:

1. Sadar bahwa hidup kita dipilih Tuhan Yesus dan merupakan anugerah
2 Kor 4:1 (TB) Oleh kemurahan Allah kami telah menerima pelayanan ini. Karena itu kami tidak tawar hati.
Hanya karena kemurahan Tuhan Yesus-lah kita dipilih untuk dapat mengenal Dia. Kita sudah dipilih dan dipakai Tuhan sebagai wujud favor yang kita terima dari Tuhan, bagaimana kita meresponi panggilan tersebut? Jika kita telah dipanggil oleh Tuhan untuk melakukan apa yang Tuhan percayakan pada kita, jangan ragu untuk menerima panggilan tersebut. Berjalanlah sesuai petunjuk Tuhan Yesus dan jangan pernah menyimpang dari panggilan-Nya.

2. Hidup dalam terang
2 Kor 4:2 Tetapi kami menolak segala perbuatan tersembunyi yang memalukan; kami tidak berlaku licik dan tidak memalsukan firman Allah. Sebaliknya kami menyatakan kebenaran dan dengan demikian kami menyerahkan diri kami untuk dipertimbangkan oleh semua orang di hadapan Allah.
Hidup kita sebagai orang Kristen selalu diperhatikan oleh orang-orang di sekitar kita, diawasi apakah kita sungguh menjadi terang dan contoh sesuai standar hidup Kekristenan yang dianggap tinggi oleh dunia. Ketika orang-orang di sekitar melihat kita tidak hidup dengan benar, kita gagal menjadi berkat dan malah menjadi batu sandungan bagi orang lain akibat perkataan dan perbuatan kita. Kita harus hidup dalam kebenaran dan menjadi terang dalam kehidupan sehari-hari, kita harus hidup sebagaimana Tuhan Yesus hidup agar orang-orang bisa melihat Dia dalam hidup kita.

3. Hidup dalam pelayanan
Hidup dalam kebenaran berarti hidup dalam peyanan, hidup dengan penuh kerinduan untuk melayani Tuhan Yesus dan melakukan kehendak-Nya. Kita tidak lagi hidup untuk diri kita sendiri, melainkan hidup untuk melayani Tuhan Yesus

Dampak kehidupan dalam kebenaran Firman Tuhan:

1. Dipromosikan oleh Tuhan Yesus
Ulangan 28:1 (TB) “Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.
Hidup kita akan terus diangkat oleh Tuhan Yesus dan mengalami promosi jika kita sungguh-sungguh hidup dalam kebenaran.

2. Berkat didatangkan atas kita
Ulangan 28:2 (TB) Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu:
Ketika kita hidup bertahan dalam kebenaran Firman Tuhan, maka berkat dari Tuhan Yesus akan datang kepada kita. Sebelum menerima yang terbaik, kita harus memberi yang terbaik bagi-Nya meskipunterasa berat. Belajar dari kisah Abraham, rasa cintanya pada Tuhan melahirkan kerelaan untuk mau memberikan apa yang Tuhan minta, sekalipun hal tersebut adalah hal yang paling berharga dalam hidupnya. Ketika Abraham taat, Tuhan melihat hati Abraham yang sungguh-sungguh mencintai Tuhan dan mencurahkan berkat atas Abraham. Berkat akan datang mengikuti ketika kita mau memberikan cinta dan prioritas kita bagi Tuhan.

3. Segala sesuatu yang kita kerjakan akan dibuat berhasil
Ulangan 28:3-5 (TB) Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang. Diberkatilah buah kandunganmu, hasil bumimu dan hasil ternakmu, yakni anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu. Diberkatilah bakulmu dan tempat adonanmu.
Hidup sebagai orang Kristen bukan berarti tidak mempunyai masalah. Bagi Abraham, pergi meninggalkan negerinya dengan membawa istrinya, Lot, dan budak-budaknya (Kejadian 12) tentunya bukan merupakan perkara yang sederhana. Perjalanan kita untuk hidup dalam kebenaran tentunya akan menjumpai banyak godaan dan masalah. Kesempurnaan penyertaan Tuhan akan membuat kita berhasil berjalan meninggalkan segala dosa-dosa dan kebiasaan lama kita sampai pada keberhasilan untuk lepas dari masa lalu kita. Mata kita harus tertuju kepada panggilan Tuhan Yesus dan rindu untuk hidup dalam kebenaran agar kita siap untuk terima berkat tersebut.

4. Musuh dikalahkan
Ulangan 28: 7 TUHAN akan membiarkan musuhmu yang maju berperang melawan engkau, terpukul kalah olehmu. Bersatu jalan mereka akan menyerangi engkau, tetapi bertujuh jalan mereka akan lari dari depanmu.
Hidup dalam kebenaran bukan berarti tidak mempunyai musuh, Meskipun sudah berusaha hidup dalam kebenaran, mungkin tetap saja akan ada orang-orang yang tidak menyukai kita, membenci kita atau bahkan berusaha menjatuhkan kita. Keberadaan orang-orang tersebut tetap dalam kendali dan izin Tuhan, dan Tuhan tidak mau kita membenci mereka. Kita harus mengasihi mereka dan fokus memandang Tuhan Yesus. Pembelaan dari Tuhan akan sungguh ada, di mana Tuhan Yesus akan menghadapi segala musuh kita dan membuat mereka lari dari hadapan kita.

5. Berkat dibawah tangan kita
Ulangan 28:8 TUHAN akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.
Ulangan 28:12 TUHAN akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman.
Orang yang hidup dalam kebenaran memiliki tongkat berkat yang Tuhan percayakan. Seperti seorang komandan, pemilik tongkat memiliki kuasa untuk memerintah dengan adanya tongkat tersebut. Ketika kita hidup dalam kebenaran, kita punya kuasa untuk mengundang berkat datang atas hidup kita karena perkenanan Tuhan. Hati yang murni hanya tertuju pada Tuhan menjadi tongkat yang mengalirkan kuasa Tuhan untuk bekerja atas hidup kita.

6. Mempunyai power otorita
Ulangan 28:10 Maka segala bangsa di bumi akan melihat, bahwa nama TUHAN telah disebut atasmu, dan mereka akan takut kepadamu.
Kita akan membawa nama Tuhan Yesus dalam hidup kita dan beroleh kuasa dari Tuhan Yesus.

Hiduplah dalam kebenaran dan kejarlah hati Tuhan

SELECT SERMON

Gereja yang Tetap Mencari Kebenaran

13 September 2015 | Pdt. Agustinus Puspawiguna
SELECT SERMON

Kemana Gereja ini Harus Melangkah

11 September 2016 | Pdt. Agustinus Puspawiguna
SELECT SERMON

Setia dan Taat Sampai Akhir

15 November 2015 | Pdp. Andi Auric