SERMONS
Hidup Taat

ON 17 SEPTEMBER 2017, BY BOYKE PAKPAHAN

Ketaatan adalah sebuah tanda untuk kita menerima janji-janji dan berkat-berkat Tuhan yang ada di surga selama kita berada di bumi. Berkat bukan melulu bicara soal kekayaan, tetapi berkat Tuhan juga berbicara tentang seberapa sukacitanya dan merdekanya hidupmu.

Kejadian 22:18 (TB) Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku.”

Genesis 22:18 (KJV) And in thy seed shall all the nations of the earth be blessed;because thou hast obeyed my voice.

Dalam Alkitab Terjemahan Baru, dikatakan bahwa semua bangsa akan mendapat berkat karena mendengarkan firman Allah, tetapi dalam terjemahan King James dikatakan bahwa semua bangsa akan mendapat berkat karena mereka mentaati suara Tuhan. Sesungguhnya, kedua versi tersebut belum dapat menerjemahkan secara sempurna apa yang dituliskan dalam bahasa aslinya. Dalam bahasa Ibrani, ayat ini menggunakan kata Shama (שָׁמַע) yang berarti mendengar dan melakukan

Banyak Anak Tuhan yang suka membaca Alkitab, berdoa, dan memuji Tuhan tetapi tidak mau melakukan apa yang Tuhan perintahkan. Sesungguhnya„ sekalipun kita suka membaca Alkitab, berdoa, dan memuji Tuhan tetapi tidak mau menuruti Firman Tuhan, hasilnya 0. Boleh dikatakan lebih baik ketaatan seberat 1 ons daripada doa seberat 1 kg. Ketika seseorang membeli handphone baru, ia harus membaca dan mengikuti buku pentunjuk agar dapat menggunakan handphone tersebut dengan baik. Seperti itulah hidup kita. Untuk dapat menjalani hidup dengan baik, kita harus membaca dan melakukan apa yang tertulis dalam pedoman hidip kita, yakni alkitab. Beberapa hal yang penting untuk dipahami sebagai alasan mengapa kita harus taat adalah sebagai berikut:

1. Taat adalah perintah Tuhan

Ulangan 13:4 (TB) TUHAN, Allahmu, harus kamu ikuti, kamu harus takut akan Dia, kamu harus berpegang pada perintah-Nya, suara-Nya harus kamu dengarkan, kepada-Nya harus kamu berbakti dan berpaut.

Firman Tuhan mencatat secara gamblang bahwa kita harus mengikuti Tuhan Allah. Taat adalah gaya hidup untuk menuju sorga, sedangkan ketidaktaatan adalah permulaan yang membuahkan pemberontakan. Manusia cenderung tidak mau taat karena dipengaruhi oleh Iblis yang mengklaim bahwa ketaatan merupakan hal yang sulit. Ketaatan seharusnya bukan merupakan hal yang sulit. Seperti ketaatan untuk tetap bernapas, seharusnya ketaatan yang sudah melekat dan menjadi gaya hidup tidak akan terasa sulit.

Tanpa kita sadari, ketaatan merupakan suatu hal yang mutlak kita lakukan. Dalam hidup, manusia tidak mungkin tidak taat. Namun kita harus menyadari: kepada siapakah kita taat? kepada Tuhan atau kepada Iblis?

Jika kita mau merenungkan, sesungguhnya isi dari kitab Kejadian sampai kitab Wahyu adalah perkataan Tuhan yang Dia sampaikan supaya kita mendengarkan dan melakukannya. Jika kita tidak melakukannya, berarti kita tidak taat pada Tuhan dan memilih untuk taat kepada Iblis. Ketaatan pada Iblis hanya akan merusak hidup kita, seperti ada tertulis di Yohanes 10:10 bahwa Iblis datang hanya untuk mencuri, membunuh dan membinasakan. Sebaliknya, taat kepada Tuhan akan menguatkan hidup kita dan menjaga kita untuk hidup dalam perintah-Nya.

Untuk itu, menjaga diri untuk tetap taat pada Tuhan dapat kita lakukan dengan disiplin membaca alkitab setiap hari. Seperti kita membutuhkan peta untuk sampai pada satu tujuan, demikianlah kita membutuhkan alkitab untuk menjaga kita dalam track hidup yang benar

2.Supaya hidup kita teratur

Kita diciptakan oleh Tuhan dalam berbagai keteraturan. Ketaatan akan membawa kita menjadi pribadi yang bisa hidup secara teratur. Pastikan ketaatan yang kita miliki didasari oleh rasa cinta pada Tuhan, sehingga ketaatan akan menuntun kita pada hidup yang teratur di dalam-Nya. Ketika ketaatan tidak diisi dengan rasa cinta, maka yang ada hanyalah keterpaksaan dan perasaan berat untuk hidup taat. Ketika ketaatan tidak digerakkan oleh perasan cinta, maka tidak ada ketulusan di dalamnya dan kita hanya mengharapkan berkat dari ketaatan tersebut. Jangan sampai kita menjadi seperti pencuri, yang tidak mau taat kepada Tuhan, tapi selalu menuntut berkat yang daripada-Nya. Ketaatan lah yang akan membawa hidup kita lebih dalam lagi lekat bersama Tuhan Yesus dan ketaatan juga yang akan membawa hidup kita dalam keteraturan sesuai dengan Firman Tuhan.

Taat adalah gaya hidup anak muda

SELECT SERMON

Ishak, Kesetiaan Janji Tuhan

4 October 2015 | Pdm. Himawan Wongso
SELECT SERMON

Kesadaran akan Keselamatan

8 May 2016 | Pdt. Agustinus Puspawiguna
SELECT SERMON

Setia dan Taat Sampai Akhir

15 November 2015 | Pdp. Andi Auric