SERMONS
Secret Place

ON 24 SEPTEMBER 2017, BY DEBORAH ANGELEA

Hadirat Tuhan adalah rumah untuk kita

Psalms 91:1 (KJV) He that dwelleth in the secret place of the most High shall abide under the shadow of the Almighty.

Secret Place dalam alkitab Bahasa Indonesia Terjemahan Baru diartikan sebagai Lindungan Yang Maha Tinggi. Makna mendalam dari secret place sesungguhnya adalah hadirat Allah. Secret place dapat dipahami seperti sebuah brankas tempat menyimpan barang berharga, di mana tidak sembarang orang mengetahui kode untuk membukanya maupun tempat keberadaan brankas tersebut. Hanya orang yang punya hubungan dekat dengan sang pemilik yang akan diizinkan untuk mengetahui hal-hal rahasia berkenaan dengan brankas dan isinya. Sama seperti hadirat Tuhan, yang merupakan sebuah secret place milik Tuhan. Kita bisa masuk ke dalam hadirat Tuhan ketika kita dekat dan mengenal Tuhan, ketika kita memutuskan untuk tinggal di dalam Dia dan menyelami isi hati-Nya.

Hadirat Tuhan seharusnya bukan menjadi tempat kita berkunjung, tetapi menjadi tempat kita menetap. Kita harus tinggal di dalam hadirat Tuhan, dan hanya orang yang memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan Yesus yang bisa tinggal di dalam hadirat Tuhan. Menjadi orang Kristen artinya kita harus memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan Yesus: memiliki waktu pribadi untuk berdoa, memuji menyembah, serta membaca Alkitab untuk mendengarkan isi hati-Nya.

Hanya orang yang memiliki keintiman dengan Tuhan Yesus yang bisa tinggal di dalam secret place

Apa saja harta berharga yang bisa kita temukan dalam secret place?

1. Identitas
Kita hanya bisa menemukan jawaban dan kebenaran atas keberadaan kita di dalam hadirat Tuhan. Dunia dapat mengatakan segala sesuatu tentang siapa kita, tetapi kebenaran tentang identitas kita hanya dapat ditemukan di dalam hadirat Tuhan. Dia yang menciptakan kita, menciptakan hati kita, menciptakan pikiran kita, adalah Dia yang paling mengenal kita. Orang yang memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan Yesus dan tinggal di dalam hadirat-Nya akan mendapati jati dirinya. Kasih Tuhan lah yang mengungkapkan identitas kita sebagai anak-anak Kerajaan Allah. Semakin dalam kita mengenal Tuhan Yesus, semakin dalam kita akan mengenal diri kita sendiri.

Pencipta selalu mengetahui tentang ciptaannya lebih dari siapapun dunia ini

2. Calling
Saat kita ada di dalam hadirat Tuhan, kita bisa menemukan panggilan hidup kita. Tuhan Yesus memiliki tujuan dan rencana yang besar dalam hidup kita. Tidak ada istilah “terlalu muda” untuk mengetahui panggilan hidup kita. Semakin muda kita merindukan dan mengetahui panggilan hidup kita, semakin panjang waktu yang tersedia untuk mempersiapkan diri dan memberikan yang terbaik. Saat kita duduk dan tinggal di dalam hadirat Tuhan, Tuhan Yesus akan menunjukkan panggilan hidup kita. Di saat kita memiliki hubungan pribadi bersama Tuhan, kita tidak hanya akan menemukan panggilan hidup kita, tetapi juga mendapat tuntunan untuk menggenapi panggilan itu. Dengan tinggal didalam hadirat Tuhan, segala hambatan dan rintangan akan mampu kita lalui dengan kekuatan baru. Hadirat Tuhan akan memimpin kita sampai tiba di garis finish.

Hubungan pribadimu dengan Tuhan adalah fondasi yang paling kuat untuk sampai ke garis finish.

3. Confidence and Protection
Confidence berarti keyakinan. Keyakinan bahwa kita memiliki Tuhan Yesus akan selalu melindungi dari segala goncangan. Orang yang berada dalam hadirat Tuhan akan selalu aman karena berada dalam lindungan Tuhan. Seperti batu karang yang akan melindungi kita dari segala terjangan ombak, perlindungan Tuhan akan sempurna menaungi kita di tengah badai hidup. Kita harus dekat dan melekat pada Tuhan agar bisa “berteduh dalam bayangan” Tuhan dan bernaung dalam keintiman dengan-Nya. Orang yang memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan tidak akan tergoyahkan.

Hanya orang yang memiliki hubungan pribadi dengan Yesus yang akan bertahan sampai garis finish

Kekristenan bukan tentang agamawi, tetapi kekristenan merupakan hubungan pribadi antara kita dengan Tuhan Yesus

SELECT SERMON

Hidup Taat

17 September 2017 | Boyke Pakpahan
SELECT SERMON

Penyembahan yang Sejati

28 May 2017 | Harry Yusuf
SELECT SERMON

Bangun dan Bangkitlah

12 March 2017 | Pdt. Agustinus Puspawiguna