SERMONS
Tugas Roh Kudus bagi Orang Percaya

ON 17 MAY 2015, BY PDT. TRIVENA SARDJONO

Pada waktu kita memperingati ibadah Kenaikan Tuhan Yesus mungkin kita berpikir mengapa Tuhan Yesus harus meninggalkan kita. Tuhan Yesus berkata:

Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.
(Yohanes 16: 7)

Segala sesuatu sudah Tuhan rencanakan bukan untuk kebaikan Tuhan Yesus tapi untuk kebaikan kita anak-anakNya. Yoh 14: 17-26. Apa tugas Roh Kudus di dalam dunia? 1. Menolong orang percaya untuk hidup sempurna. Roh kita sudah sempurna waktu kita percaya kepada Tuhan Yesus tapi tubuh dan jiwa kita belum sempurna. Murid-murid Tuhan Yesus disuruh untuk menunggu Roh Kudus dicurahkan ke atas mereka di loteng Yerusalem. Baptisan Roh Kudus tidak hanya dialami saat doa pencurahan Roh Kudus tapi bisa dialami setiap saat. Salah satu tanda baptisan Roh Kudus adalah berbahasa Roh. Baptisan Roh Kudus hanya kita alami satu kali tapi dipenuhi oleh Roh Kudus bisa terjadi setiap saat. Baptisan air sebenarnya adalah tradisi orang Yahudi terhadap orang-orang asing yang mau masuk agama Yahudi. Akhirnya baptisan Roh Kudus ini akan menolong orang Kristen untuk menghasilkan buah Roh jika kita mau diproses oleh Tuhan. Jangan sombong kalau saudara baru memiliki beberapa buah Roh dan jangan marah kepada Tuhan kalau saudara sedang diproses oleh Tuhan. Ada baptisan Roh Kudus yang tidak dapat dimengerti oleh manusia tapi juga ada baptisan Roh Xenolalia yaitu bahasa yang dapat diartikan oleh orang lain yang diurapi oleh Tuhan untuk mengartikannya. Misalnya saya mendapatkan baptisan Roh Xenolalia yaitu dalam bentuk bahasa Mandarin. Kalau tidak ada yang mengartikannya maka bahasa Roh saya itu akan berhenti karena gunanya untuk membangun orang lain . Roh Kudus itu tertib. Kalau berbahasa Roh tidak perlu dengan suara keras karena gunanya untuk membangun diri sendiri. Kalau mau menguji apakah bahasa Roh itu asli atau tidak lihat buah-buah kehidupannya apakah sesuai atau tidak. 2. Menurut ayat 26 bagian pertama tugas Roh Kudus yang ke-2 adalah untuk mengajarkan segala sesuatu kepadamu. Kita minta Roh Kudus mengajar kita hal-hal yang tidak kita pahami. Kalau kita mau dituntun oleh Roh Kudus pasti Roh Kudus memimpin kita dan kita akan memasuki dimensi yang baru: Pertama : kita akan mengalami mujizat dan mujizat itu adalah milik semua orang percaya. Markus 16: tanda-tanda menyertai orang percaya. Ke-2 : karakter kita diubah oleh Roh Kudus sedikit demi sedikit. Yang Tuhan cari bukan penggembira, bukan penonton tapi pengikut Yesus yang sejati. 3. Ayat 26 bagian akhir tugas Roh Kudus adalah mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Belum tentu kita mengingat dan percaya pada semua janji-janji Tuhan. Kita minta Roh Kudus menolong kita mengingat firman Tuhan/ janji-janji Tuhan sehingga kita bisa hidup dalam sukacita dan dalam kemenangan. Roh Kudus adalah Maha Hadir. Dia diutus oleh Allah Bapa untuk menyertai kita selama-lamanya.
SELECT SERMON

Anak Muda Berkarakter Kristus

15 October 2017 | Budiyanto Gunarso
SELECT SERMON

Tujuan Tuhan Yesus Naik ke Sorga

24 May 2015 | Pdm. Timothy Abraham
SELECT SERMON

Prioritas yang Tepat

16 July 2017 | Pdt. Fendy Tantono